Sunday, October 9, 2016

Takayama Hokuriku Pass: Cara Hemat ke Shirakawa Go



Takayama Hokuriku Pass
Takayama Hokuriku Pass ini adalah tiket kereta terusan yang mencakup wilayah  Osaka, Kyoto, Kanazawa, Shirakawa Go, Takayama, Gero, Gifu and Nagoya, serta mencakup JR trains di kawasan kota Osaka, Kansai airport, JR Takayama line antara Takayama and Toyama, Hokuriku Shinkansen antara Toyama and Kanazawa, dan Kaetsuno bus antara Shirakawago and Shin-Takaoka. Kamu dapat ke Toyama, Gokayama / Ainokura area, dan Kansai airport. Apabila mendarat di bandara Kansai, kamu dapat segera menggunakan tiket kereta ini.
Takayama Hokuriku Pass cover area map
Harganya berapa?
Saat saya pergi ke Jepang musim dingin lalu (tahun 2016) saya membeli seharga 13.500 yen.
Dimana belinya?
Saya membeli sewaktu di Indonesia yaitu di HIS Travel Jogja seharga IDR. 1.552.500, tapi kata Pak Oka beli di JTB lebih murah.
Berapa lama berlakunya?
5 hari sejak tiket di aktifkan

Transportasi apa yang tercover dalam pass ini?
Bus dan kereta yang tercover dalam Takayama Hokuriku Pass
  1. JR Train Limited Express Haruka rute Osaka-Bandara Kansai
  2. JR Train dalam kota Osaka
  3. JR Train Limited Express Thunderbird rute Osaka, Kyoto-Kanazawa
  4. Shinkansen Hokuriku rute Toyama dan Kanazawa lewat Shin Takaoka
  5. JR Train rute Nagoya dan Toyama melewati Takayama
  6. Bis Nohi rute Takayama dan Kanazawa melewati Shirakawa-Go
  7. Bis Kaetsuno rute ShirakawaGo dan Shin Takaoka
Pass ini dapat digunakan untuk “reserved seat” sebanyak 4X, cara reserved seat atau pesan kursi adalah di stasiun besar misalnya di Osaka atau Bandara Kansai, waktu itu saya memesan kursi di stasiun Osaka. Pass ini tidak bisa digunakan untuk reserved seat di kereta limited express Haruka (rute bandara Kansai - Shin Osaka/Kyoto) dan Hokuriku Shinkansen. Namun bisa menaiki kereta ini dengan non reserved seat dan jenis Shinkansen Hokuriku yang dapat ditumpangi namanya Shinkansen Hakutaka dan Shinkansen Tsurugi.

Itinerary saya waktu itu sebagai berikut:
  • Hari ke-1 Osaka-Kanazawa naik Limited Express Thunderbird, bermalam di Kanazawa
  • Hari ke-2 Kanazawa-Shirakawa Go naik Bis Nohi (dan perlu dicatat, naik bus rute ini harus pesan kursi terlebih dahulu, pesan dapat melalui no telepon Nohi Bus atau di stasiun Kanazawa)
  • Masih hari ke-2 Shirakawa Go-Takayama, bermalam di Takayama, naik Bis Nohi (bis rute ini tidak perlu pesan kursi karena bisnya selalu ada, lihat jadwal di website Nohi untuk tahu jadwal bus nya)
  • Hari ke-3 Takayama-Toyama naik Limited Exp.Wide View Hida. Saya naik kereta ini sebenarnya penasaran dengan nama keretanya. Sebelumnya saya baca kereta ini memiliki jendela yang lebar sehingga kita bisa melihat pemandangan. Dan benar saja, sepanjang menaiki kereta ini mata dimanjakan dengan pemandangan hamparan salju. Bagi saya manusia tropis, pemandangan salju adalah hal yang langka. Jadi saya senang sekali. 
  • Masih hari ke-3 Toyama-Kanazawa naik Hokuriku Shinkansen, bermalam di Kanazawa.
  • Hari ke-4 Kanazawa-Kyoto, naik Limited Express Thunderbird
Sebenarnya pass ini juga mencakup rute Alpine, namun rute Alpin ditutup semasa musim dingin, jadi saya tidak mampir.
Menurut perhitungan hyperdia perjalanan dengan rute seperti ini kurang lebih akan menghabiskan dana sebesar 24.240 yen sedangkan pass ini seharga 13.500 jadi saya rasa penghematan lebih dari 10.000 yen adalah great deal! 

Akhirnya sampai di Shirakawago!
Takayama
Salju tebal di Takayama
Sampai di depan stasiun Kanazawa! Waktu di Kanazawa saya mendapat badai salju!












2 comments:

  1. Halo sis salam kenal ya..
    Aku mau tanya yang soal Bus Nohi, kalo sis kemarin ini pesennya gimana? Telepon langsung ke Bus Nohi-nya?
    Kalau pesan di Kanazawa gimana caranya? Ga bisa on spot gitu ya?
    Thankyou..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Blogger templates

About